Translate

Sabtu, 05 September 2015

PRINSIP DASAR TRANSMISI OTOMATIS

Komponen terpenting dari multitronic (CVT) adalah variator. Hal ini memungkinkan rasio disesuaikan secaraterus menerus antara rasio torsi awal dan rasio torsi akhir. Akibatnya, rasio yang sesuai selalu tersedia.Tidak seperti transmisi otomatis konvensional yang menggunakan planetary gear set yang menghasilkansejumlah rasio roda gigi, biasanya empat, lima atau enam tingkat kecepatan.

Kata Kunci.
CVT, Torque Converter, Automatic Transmisi, ATF.
Komponen terpenting dari multitronic (CVT) adalah variator. Hal ini memungkinkan rasio disesuaikan secaraterus menerus antara rasio torsi awal dan rasio torsi akhir. Akibatnya, rasio yang sesuai selalu tersedia. Mesin selalu bekerja dalam rentang kecepatan yang optimal terlepas dari apakah itu dioptimalkan untuk kinerja atau efisiensi bahan bakar. Variator ini terdiri dari dua pasang disc yang tirus (meruncing) :
- Satu set puli primer  dan satu set puli sekunder .
-Rantai khusus yang  berbentuk V.   

Puli pada posisi lambat
Puli pada posisi cepat
     
   

Rantai bertindak sebagai elemen pemindahdaya.Pulley set 1 digerakkanoleh mesin melalui reduksi gigi tambahan. Torsi mesin ditransmisikan melalui rantai ke pulley set 2 dan dari sini ke final drive.Salah satu sisi pulley  set bisa bergeser pada porosnya untuk penyesuaian variabel diameter jalur rantai dan rasio transmisi.Dua set pulley ini harus disesuaikan secara simultan sehingga rantai selalu tegang dan tekanan kontak pada permukaan V pulley cukup kuat.
Tidak seperti transmisi otomatis konvensional yang menggunakan planetary gear set yang menghasilkansejumlah rasio roda gigi, biasanya empat, lima atau enam. Seperti namanya CVT menghasilakanrasio gigi yang bervariasi. Pada posisi gigi rendah (low ratio) membuatnya lebih mudah untuk start, diameter pulley penggerak (primer) relatif kecil, sedangkan diameter pulley yang digerakkan (sekunder) lebih besar. Sabuk drive digunakan untuk memndahkan tenaga dan torsi. Pada saat  terjadi percepatan maka ada kemungkinan untuk memilih rasio yang lebih tinggi dengan meningkatkan diameter pulley pengerak (primer), pada saat yang sama, mengurangi diameter pulley yang digerakkan (sekunder).
CVT menggunakan pulley primer dan sekunder
, Keduapulle dikendalikan oleh tekanan hidrolik. Posisi sabuk drive pada puli akan menentukan rasionya.



Kesimpulan.
Komponen terpenting dari multitronic (CVT) adalah variator. Hal ini memungkinkan rasio disesuaikan secaraterus menerus antara rasio torsi awal dan rasio torsi akhir. Akibatnya, rasio yang sesuai selalu tersedia.
Variator ini terdiri dari dua pasang disc yang tirus (meruncing) :
- Satu set puli primer  dan satu set puli sekunder .
-Rantai khusus yang  berbentuk V
CVT menghasilakanrasio gigi yang bervariasi.Sabuk drive digunakan untuk memndahkan tenaga dan torsi. Pada saat  terjadi percepatan maka ada kemungkinan untuk memilih rasio yang lebih tinggi dengan meningkatkan diameter pulley pengerak (primer), pada saat yang sama, mengurangi diameter pulley yang digerakkan (sekunder).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar