Translate

Kamis, 19 Maret 2015

Cara Kerja Governor Pneumatik


1.  Posisi Start

Saat mesin mati, batang pengatur pada posisi maksimum tertekan pegas membran, sehingga plunyer pompa injeksi dalam posisi siap menghasilkan debit solar maksimum.
Selanjutnya tekan pedal gas sehingga throtel katup gas dalam posisi terbuka penuh dan hidupkan mesin starter, maka mesin mudah hidup karena udara yang diisap silinder mesin maksimum dan debit solar yang disemprotkan  nozel  juga  maksimum.
Setelah mesin hidup, lepas pedal gas sehingga throtel dalam kondisi idle.



2.     Posisi Idle

Throtel pada penahan putaran idle, maka kecepatan udara tinggi, sehingga kevakuman besar dan membran serta batang pengatur tertarik kearah stop, maka debit solar pompa injeksi sedikit, putaran mesin turun minimum. Akibatnya kevakuman menurun, maka batang pengatur terdorong kearah maksimum, maka debit solar pompa injeksi maksimum, sehingga putaran mesin naik lagi, akibatnya kevakuman naik, dan seterusnya.


3.     Posisi Putaran Maksimum

Throtel katup gas terbuka penuh, kevakuman yang terjadi pada venturi kecil, maka batang pengatur terdorong kearah volume maksimum. Putaran maksimum tercapai, bila kekuatan kevakuman dan pegas pengatur sebanding. Jika putaran mesin naik lagi, maka kecepatan udara bertambah naik, maka kevakuman naik, batang pengatur tertarik kearah stop, sehingga debit solar pompa injeksi sedikit, maka putaran maksimum diturunkan atau di regulasi.


4.   Cara Mematikan Mesin Dengan Governor Pneumatik
a.     Secara Mekanis (gambar bawah kiri)
Batang pengatur ditarik kearah stop secara mekanis, maka debit solar dari pompa injeksi tidak ada dan mesin mati.
b.     Secara Pneumatis (gambar atas kanan)
Batang pengatur ditarik kearah stop secara mekanis, maka throtel tambahan menutup,  kevakuman pada throtel regulasi menjadi besar sekali, batang pengatur tertarik kearah stop, akibatnya debit solar dari pompa injeksi tidak ada dan mesin mati

5.    Venturi Tambahan
 Venturi tambahan pada governor pneumatik berfungsi untuk :
 ·    Mengatur kevakuman pada ruang vakum pompa injeksi berdasarkan aliran udara yang melewati venturi,
 ·      Mencegah putaran balik mesin
Cara Kerja Venturi Tambahan
 
Pada saat mesin berputar membalik, maka saluran isap menjadi saluran buang. Akibatnya kecepatan gas buang pada venturi tambahan besar, kevakuman pada ruang vakum juga besar, sehingga batang pengatur tertarik kearah stop, maka mesin mati.




6.    Perlengkapan Tambahan
Pada putaran idle, siklus regulasi kurang cepat karena gerakan batang pengatur dari maksimum ke minimum terlalu panjang, sehingga putaran mesin tidak stabil. Untuk mencegah hal ini dipasang perlengkapan tambahan.
a.     Pegas Tambahan Putaran Idle dengan Sekrup Penyetel
 
Pegas tambahan putaran idle dengan sekrup penyetel berfungsi untuk meredam siklus regulasi yang terlalu besar sehingga putaran idle dapat stabil.
Ruang atmosfer dihubungkan dengan filter udara supaya aliran udara tidak mempengaruhi proses regulasi.




b.    Pegas Tambahan Putaran Idle dengan Saklar Nok
 
Pada putaran idle, saklar nok menekan pegas tambahan putaran idle sehingga siklus regulasi yang terlalu besar yang mengakibatkan putaran mesin tidak stabil, dapat diperkecil.
Saat throtel dibuka, saklar nok terlepas dan pegas tambahan tidak berfungsi lagi.


c.     Peredam Getaran
1) Dengan Spuyer
Fungsi : meredam getaran vakum didalam blok membran yang ditimbulkan oleh kecepatan udara yang berubah-ubah didalam venturi. Dengan getaran membran yang stabil, maka putaran mesin tenang. Spuyer ini digunakan pada mesin Diesel dengan jumlah silinder 6 dan 8 silinder.




2) Dengan Karet Peredam
Celah berfungsi untuk menghindari getaran batang pengatur yang ditimbulkan oleh tuas membran.Karet peredam berfungsi meredam suara benturan yang ditimbulkan oleh gerakan aksial dari tuas membran dengan tuas sistem idle.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar