Ø Motor
starter beputar berat saat dingin,
1. kemungkinan letak gangguan pada
sikat arang yang pendek atau terjadi hubung singkat pada kumparan stator
dan ankeryang disebabkan karena bushing yang sudah terlalu aus sehingga
anker bergesekan dengan sepatu kutup.
2. Jika gangguan tersebut terjadi
setelah perbaikan (Overhaul) maka kemungkinan gangguan terjadi karena
terjadi perubahan jarak udara antara anker dan sepatu kutup yang
melebihi 0,2 mm (kondisi terpasang).
Ø Motor
starter berputar berat saat panas,
1. kemungkinan gangguan pada bushing
yang sedikit aus sehingga saat panas menjadi longgar dan anker
bergesekan dengan sepatu kutup.
2. Kemungkinan lain adalah pada anker atau
stator terdapat kotoran serbuk sikat arang yang saat dingin tidak
terlalu bersifat penghantar tetapi saat panas bersifat penghantar
listrik.
Ø Motor
starter baru dapat berputar setelah di “Start” beberapa kali,
1. kemungkinan gangguan pada bagian komutator ada yang korosi atau solderan
ujung
kawat gulungan anker pada komutator ada yang kendor atau
retak/lepas.
Motor starter tidak dapat langsung berputar dan hanya terdengar “tek-tek-tek-tek”,
1. kemungkinan letak gangguan pada solenoid. Kumparan penahan putus, terjadi
gerakan maju mundur pinion
Akibat sikat arang pendek
- Akan terjadi bunga api antara sikat dan komutator sehingga menyebabkan ausnya komutator
- Daya motor starter menjadi lemah motor berputar lambat/berat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar