Sebelum
melaksanakan penyetelan katup, hendaknya anda perlu menyiapkan
peralatan yang akan digunakan terlebih dahulu. Peralatan tersebut
adalah:
1. Tool box lengkap (obeng minus/plus, kunci ring)
2. Kunci busi
3. Kunci T 12
4. Feeler gauge
5. Majun
6. Buku manual
7. Unit ( mobil Toyota kijang 5K )
Gambar. Overhead valve
Selanjutnya
perlu diperhatikan, bahwa tutorial ini dilakukan pada mesin Toyota
Kijang 5K dengan mekanisme katup seperti gambar diatas (OHV), dan FO
1-3-4-2. Namun, anda tidak perlu khawatir jika mobil anda berbeda jenis,
karena tutorial ini menerangkan tentang konsep dasar cara
menyetel katup secara umum, jadi untuk jenis mesin dan mekanisme katup
yang berbeda dapat menyesuaikan. Dan yang sangat penting diperhatikan adalah keselamatan kerja bagi diri, lingkungan dan unitnya.
- Siapkan unit ( mesin), alat dan bahan yang diperlukan.
- Periksalah oli mesin, air radiator dan bahan bakar.
- Hidupkan mesin untuk pemanasan kurang lebih 5 menit.
- Membuka cover kepala silinder
B. Cara Menyetel Celah Katup
1. Putar poros engkol hingga tanda pada puli poros engkol tepat dengan angka 0 pada tutup rantai timing.
Gambar. Memutar puli poros engkol
2. Menentukan top kompresi silinder 1 atau 4, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
a)
Pada saat memutar poros engkol sambil memperhatikan katup masuk
silinder mana yang bergerak. Lihatlah katup masuk atau push rod katup
masuk pada silinder 1 atau 4 sambil menggerak-gerakkan puli poros
engkol.
b)
Apabila yang bergerak push rod katup masuk silinder 4 pada saat anda
menggerak-gerakkan atau memutar poros engkol, berarti ketika tanda pada
puli tepat dengan tanda 0 : yang sedang mengalami top kompresi adalah
silinder 1, sedang silinder 4 overlaping Begitu juga sebaliknya.
3.
Menentukan katup-katup yang boleh distel pada saat top
kompresi silinder 1 atau 4. Caranya dengan melihat diagram/tabel
proses kerja silinder atau bisa juga dengan menggerak-gerakkan puli
poros engkol sambil melihat push rod katup yang tidak bergerak. Push rod
yang tidak bergerak maka boleh disetel.
Gambar. TOP kompresi silinder 1
4. Setel celah katup sesuai spesifikasi. Penyetelan dilakukan dengan cara:
a) Mengendorkan mur 12 menggunakan kunci ring 12.
b) Menempatkan atau memasukkan feeler gauge sesuai ukuran standar ke dalam celah antara rocker arm dengan batang katup.
c) Melakukan penyetelan dengan mengubah (mengencangkan/mengendorkan) baut penyetel dengan obeng.
d) Setelah celah katup telah benar/sesuai, kencangkan mur penahan sambil menahan baut
penyetel agar tidak bergerak. Lalu cek kembali celah katup dengan merasakan
tarikan/gesekan dari feeler gauge. Ulangi cara tersebut jika belum menemukan kesesuaian
Gambar. Proses penyetelan katup
5. Putar poros engkol 1 putaran (360°) sehingga tanda pada puli bertepatan dengan tanda 0 pada tutup rantai timing.
6. Menyetel celah katup untuk katup-katup yang belum disetel sesuai spesifikasi.
7. Coba hidupkan mesin, apakah sudah halus atau belum? Jika sudah maka anda berhasil.
7. Menutup kembali kepala silinder, lalu memasang komponen lainnya.
8. Bersihan objek kerja, alat, dan juga tempat kerja.
C. Kesalahan yang Sering Terjadi
1. Salah menentukan top kompresi silinder.
2. Salah menentukan katup yang boleh disetel.
3. Salah dalam menggunakan feeler gauge.
4. Piston lupa dan belum ditopkan.
5. Celah terlalu kendor atau terlalu rapat
6. Mur penahan baut penyetel kendor
Bagaimana penyetelan katub masuk dan katub buang
BalasHapusGambarnya
BalasHapusKatup mana sajakah yang bisa disetel pada saat top 1?
BalasHapusGambar nya mana ??
BalasHapusKatup mana ajha yang bisa di stel pada top 1 ??????
BalasHapusAnjay mabar
BalasHapusSkuy mabar
HapusYuk
HapusAkh bnr heh
BalasHapusKatup mana aja yang bisa di stel
BalasHapusKalo piston top1 kompresi maka posisinya jadi 13421 11 nya di tambah di belakang,lalu yg bisa di setel adalah bagian kiri(1,3),kanan(2,1) lalu yg tengah tak boleh disetel begitupun sebaliknya
BalasHapus.
BalasHapusIya
BalasHapus